Beranda » elektronik » Lampu Hemat Energi LEd ?

Lampu Hemat Energi LEd ?

T Diposting oleh pada 19 March 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2513 kali

lampu Hemat Energi

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang kelebihan dan keuntungan menggunakan lampu led, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu LED, dan apa yang dimaksud dengan lampu led itu.

LED adalah singkatan dari Light Emithing Diode. Sedangkan LED sendiri merupakan semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat alat tersebut dilewati arus listrik. Jadi intinya LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya.

Nah, jika Anda telah mengetahui tentang LED, kini saatnya Anda mengetahui tentang apa itu lampu LED. Jadi, lampu LED adalah lampu yang sumber cahayanya berasal dari kumpulan LED sehingga dapat digunakan untuk penerangan.
keuntungan menggnakan lampu led
Lampu Led
Bagaimana? sudah tau kan apa itu lampu led? Nah, mari kembali ke topik semula. Apakah kelebihan dan keuntungan menggunakan lampu LED? Silahkan dibaca di bawah ini.

1. Lampu LED lebih hemat energi

Kelebihan lampu LED yang pertama adalah lampu ini lebih hemat energi. Jika sebelumnya Anda dibuat pusing akibat tagihan listrik yang membengkak, sekarang cobalah menggunakan lampu berjenis LED. Sebab, lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil sehingga dapat mengurangi pemakaian listrik Anda setiap bulannya.

Jika penggunaan listrik Anda jadi berkurang, bukankah itu merupakan keuntungan bagi Anda? Ya sahabat, Anda jadi lebih berhemat lagi. Dengan biaya listrik yang semakin ringan, otomatis dapat mengurangi pengeluaran Anda.

Hal yang membuat lampu LED hemat adalah ukuran Watt-nya yang semakin kecil. Saat ini, lampu LED tersedia dalam ukuran hingga 3 watt. Wow, sangat kecil kan? Makanya jangan heran jika lampu LED dikatakan dapat menghemat pemakaian energi listrik hingga 90 persen.

2. Daya tahan yang lama

Bagi Anda yang tidak suka gonta-ganti lampu di rumah Anda, maka lampu LED adalah solusinya. Lampu ini cukup tahan lama sehingga Anda pun tidak harus sering mengganti lampu Anda yang kerap mati.

Dibanding lampu pijar biasa, lampu LED jauh lebih awet. Jika lampu pijar rata-rata hanya bisa bertahan 1000 jam pemakaian, maka lampu LED bisa bertahan hingga 50.000 jam atau jika digunakan 10 jam per hari berarti dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya.

Ternyata, awetnya lampu LED juga berpengaruh terhadap kantong Anda. Bayangkan jika Anda menggunakan lampu biasa yang setiap tahun harus menggantinya. Kan banyak juga uang yang harus Anda keluarkan selama 15 tahun itu. Namun jika Anda menggunakan LED, paling-paling hanya menggantinya satu kali saja dalam 15 tahun tersebut.

3. Cahaya lampu LED tidak panas

Satu lagi kelebihan lampu LED adalah cahaya yang dihasilkannya tidak panas. Itu artinya LED tidak akan membuat ruangan di rumah Anda menjadi lebih dingin lagi. Beda kan dengan lampu pijar/neon biasa, yang cahayanya relatif panas.

4. Cahaya lampu LED tidak mengandung Ultra Violet

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan, sudah saatnyalah bagi Anda untuk mengganti lampu biasa di rumah Anda dengan lampu LED. Mengapa? Karena cahaya lampu LED tidak mengandung sinar UV (Ultra violet) yang dapat merusak mata dan kulit.

Memang sih, kerusakan akibat sinar UV tidak bisa dirasakan dalam waktu yang singkat. Tapi jika paparan sinar UV mengenai Anda setiap harinya, tentu lambat laun efeknya pun pasti terasa. Jadi, ganti lampu di rumah Anda yang memancarkan sinar UV dengan lampu LED terbaru.

5. Lampu LED lebih ramah lingkungan

Mengapa lampu LED dikatakan ramah lingkungan? Selain bebas sinar UV, lampu LED tidak mengandung mercury. Perlu Anda ketahui, bahwa zat mercury itu dapat merusak lapisan ozon dan mengganggu kesehatan manusia.

Jika Anda menggunakan lampu hemat energi biasa dan pecah, maka kandungan mercury di dalamnya dapat terhirup oleh manusia. Racun mercury tersebut dapat mengganggu pernapasan serta kesehatan kita. Nah, itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan lampu LED.

Sahabat, meskipun lampu LED memiliki banyak kelebihan, tapi tetap saja lampu ini juga mempunyai kekurangan. Jadi kekurangan lampu led adalah harganya yang bisa jadi dua kali lebih mahal dibanding lampu hemat energi biasa. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang untuk tidak membeli lampu LED.

Sekarang kita hanya bisa berharap mudah-mudahan harga lampu LED ke depannya bisa lebih murah lagi. Jika harganya turun, pasti akan banyak yang membelinya bukan?

Nah, mungkin sekian dulu tulisan saya tentang kelebihan dan keuntungan menggunakan lampu LED, semoga bermanfaat bagi Anda.

 

 

Diposting oleh

Maintenance Electrical Maintenance Ac Panel ats_amf Ac ( pendingin) Cctv Pabx

Belum ada Komentar untuk Lampu Hemat Energi LEd ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Lampu Hemat Energi LEd ?

Kode error Ac

T 2 March 2019 F , , A Bondan Nugroho

Pada dasarnya untuk ac sekarang sudah di lengkapi dng berbagai kode error untuk melihat kerusakan ac. jdi lebih memedahkan koonsumen maupun Tekniusi dalam melakukan servis ac.. Disini Akan kita paparkan dari berbagai kode Error ac, tentunya lain merk lain pula... Selengkapnya

Surya cell ?

T 19 March 2017 F , , A Bondan Nugroho

Keunggulan dan Kelemahan Panel Surya Energi matahari menjadi pilihan energi terbarukan yang menarik bagi banyak pemilik rumah di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan menggunakan panel surya yang perlu Anda ketahui. Keunggulan Panel Surya: Panel surya ramah lingkungan... Selengkapnya

Macam dan jenis Accu

T 20 March 2017 F , , A Bondan Nugroho

Macam dan Jenis Accu Belakangan ini banyak sekali lovers menanyakan tentang baterai untuk ups Inverter listrik . Tentunya baterai berbasis Lithium adalah yang terbaik, namun masih ada yang bersikukuh ingin menggunakan aki basah atau aki motor. Maka dari itu, disini... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.